SHARE

Jakarta-JournalReportase,- PT Jasa Marga cabang Tol Jakarta Cikampek bakal menerjunkan Kancil untuk monitoring jalur contra flow di arus mudik lebaran 2018.

Deputi General Manager Traffic Management Tol Jakarta Cikampek Cece Kosasih mengatakan, Kancil ini merupakan kendaraan roda dua yang nantinya akan bertugas menyapu bersih potensi ganguan disepanjang jalur contra flow tol Jakarta Cikampek.

“Kita berdasarkan pengalaman tahun lalu, bahwa pada saat rambu contra flow pada roboh, kita harus membetulkan kalau kita tidak membetulkan itu akan menggangu akan menjadi penghambat laju lalu lintas,” kata Caca di kantornya, Rawalumbu, Kota Bekasi, Kamis (7/6/2018).

Jasa Marga menyiapkan dua unit Kancil untuk persiapan pengamanan contra flow di arus mudik kali ini. Kendaraan roda dua itu juga dilengkapi dengan perlengkap sepeti rotator, lampu tambahan, dan perlengkapan perkakas.

“Pada saat kemarin kita menggunakan mobil itu terlalu rumit karena mobil lajunya terhambat dengan pengguna jalan tol, jadi kita kalau pakai motor bisa lakukan pembetulan tanpa harus menggangu jalannya arus lalu lintas,” jelas Cece.

Selama pelaksanaan Contra Flow, motor Kancil ini akan disiagakan di dua wilayah lokasi Contra Flow yakni wilayah barat berada di Gerbang Tol Cikarang Utama sampai KM 21 atau Gerbang Tol Tambun. Sedangkan di wilayah timur dari Gerbang Tol Cikarang Utama sampai KM 65.

“Selama Contra Flow motor Kancil ini kita siagakan, jadi mereka juga akan lakukan patroli dan kontrol di jalur Contra Flow.Dulu pakai mobil kita gak bisa tembus kendaraan, kalau pakai motor bisa tembus menyalip istilahnya,” jelas Cece

Motor Kancil yang digunakan Jasa Marga merupakan motor matic jenis Yamaha XMAX 250 cc. Motor yang masuk kategori matic premium itu memiliki bobot 179 kilogram.Unit 250 cc 1-silinder dengan konsep Blue Core menjadi jantung mekanisnya. Tenaganya mencapai 22,8 dk. Nominal yang besar bagi motor dengan bobot hanya 179 kg.

Daya angkutnya sangat besar. Ini memberi kenyamanan pada dua penumpang, namun bagasinya luar biasa luas. Dua helm full face dan masih menyisakan lahan untuk menaruh jas hujan, jaket hingga peralatan bisa diletakkan dalam bagasi XMax 250.

Ditanbah lampu standar LED dan layar LCD yang besar, namun juga peranti keselamatan serta kenyamanan berkendara, rem dengan ABS, traction control, adjustable handle bar dan windshield, hingga soket elektrik disediakan. Terkait harga, hanya 1 tipe XMax 250 yang dijual, Rp 55 juta. [rd]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY