by

Sehatkan Jantung Bambang, Program JKN-KIS Berkontribusi Jalankan Hidup Sehat

JAKARTA – JOURNALREPORTASE,- Kesehatan teramat penting dalam kehidupan manusia, terlebih lagi pada masa muda agar terjaga kesinambungan produktifitas bekerja dan berkarya. Jika kesehatan diabaikan akan berdampak buruk sehingga akibatnya berpengaruh di masa depan.

Hal tersebut sering dialami oleh pegawai atau karyawan kantoran yang jarang sekali beraktifitas diluar kantor dan lebih banyak menghabiskan waktu didepan meja kerjanya. Jarangnya berolahraga bahkan sama sekali tidak pernah melakukannya menyebabkan banyak resiko kesehatan dimasa tuanya.

Hal itu, dirasakan seorang pensiunan pegawai negeri, Bambang Sujatmoko (69), Ia adalah seorang pekerja keras yang penuh tanggung jawab dalam hal pekerjaannya. Dirinya mengaku selama menjadi pegawai negeri tidak pernah menggunakan jaminan kesehatan yang melindunginya yang pada saat itu bernama Askes.

Bambang baru menggunakan jaminan kesehatan tersebut saat dirinya pensiun pada tahun 2007 hingga saat ini yang namanya telah berubah menjadi BPJS Kesehatan. Dirinya mengaku memiliki pengalaman yang sangat bermanfaat bagi dirinya saat menggunakan jaminan BPJS Kesehatan, yaitu pada waktu dirinya dirawat karena sakit demam berdarah dengue dan operasi bypass jantung.

“Askes atau sekarang yang kita kenal dengan BPJS Kesehatan sangatlah memberikan dampak yang sangat besar bagi hidup saya, tidak hanya sekedar mengobati namun juga memberikan manfaat pola hidap sehat sehingga pada masa tua seperti sekarang ini bisa menurunkan resiko-resiko dari penyakit katastropik,” ucap Bambang pada Kamis (22/10).

Bambang mengaku operasi bypass jantung yang dilakukannya pada tahun 2019 tidaklah murah bisa mencapai ratusan juta, namun dengan BPJS Kesehatan dirinya tidak ditarik iur biaya sepersen pun, apabila tidak ada BPJS Kesehatan dirinya tidak tahu lagi kondisi kesehatan saya bagaimana keadaannya karena tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar operasi tersebut.

Dirinya berharap agar JKN-KIS ini dipahami oleh masyarakat Indonesia bukan hanya untuk mengobati mereka disaat sakit namun juga ikut berkontribusi pada program ini dengan mulai menjalankan pola hidup sehat, karena ia yakin bahwa manusia yang bersyukur akan hidupnya adalah manusia yang menjaga dan menyayangi kesehatan tubuhnya.(PG/cp)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed