Lagi, Polda Metro Jaya Tangkap Pelaku Penyalahgunaan Gas LPG Bersubsidi

JAKARTA- Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap pemilik pangkalan gas LPG 3 Kg berinisial SR.

Penangkapan terhadap SR dilakukan anggota dari Subdit III Sumdaling terkait dugaan tindak pidana penyalahgunaan LPG 3 Kg (bersubsidi), di daerah Kemayoran Jakarta Pusat.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis menjelaskan gas LPG 3 Kg (bersubsidi) yang seharusnya diperuntukkan oleh masyarakat miskin, bukan untuk mengeruk keuntungan pribadi dengan cara memindahkan isi tabung gs LPG 3 kg ke tabung LPG 12 Kg.

“Pelaku malah melakukan pemindahan isi gas dari tabung LPG 3 kg ke tabung LPG 12 Kg, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi dari selisih harga penjualan cukup tinggi,”jelas Auliansyah kepada wartawan, Kamis, (19/01/2023).

Auliansyah menegaskan dari perbuatan ini pelku melanggar Pasal 40 angka 9 Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja atas Perubahan ketentuan Pasal 55 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling banyak 60 Miliar Rupiah.

“Diharapkan dengan adanya penindakan dari aparat penegak hukum ini dapat menjadikan efek jera bagi para pengusaha gas lainnya yg melakukan usaha penjualan gas yg tidak sesuai peruntukannya dan dapat meningkatkan peran serta masyarakat terkait dengan pengawasan distribusi LPG 3 Kg (besubsidi) agar dapat dilakukan dengan tepat sasaran,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *