by

Kirim Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur, Kapolda Metro Jaya : Kita Bergerak Bersama Berikan Dukungan dan Bantu Pemulihan

JAKARTA- JOURNALREPORTASE- Polda Metro Jaya mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pelepasan bantuan kemanusiaan dipimpin langsung Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran, di halaman Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Kamis (24/11/2022).

Ucapan belasungkawa atas musibah gempa bumi di Cianjur pada Senin (21/11/2022) siang disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

Menurut data yang tercatat dari BNPB per tanggal 23 November 2022, sejumlah 271 orang meninggal dunia, 40 orang masih dalam tahapan pencarian, 2.043 orang terluka, dan sekitar 61.000 orang mengungsi akibat kehilangan tempat tinggal mereka.

“Dari lubuk hati yang terdalam, saya mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh korban yang terdampak gempa bumi di Cianjur, semoga amal ibadah saudara-saudara kita yang telah berpulang ke Rahmatullah dapat diterima di sisi Allah subhanahu wa ta’ala, amin,” ucap Fadil.

Fadil mengatakan bahwa tidak ada manusia yang mampu menghindar dari musibah yang datang tiba tiba.” Kita bisa tahu kapan musibah akan menghampiri, kita telah menyaksikan betapa dahsyatnya bencana itu yang menimpa saudara-saudara kita di Cianjur,” ujarnya.

Untuk itu, kata Irjen Fadil, kepekaan harus hadir di tengah kondisi masyarakat Cianjur, yang saat ini mereka sedang membutuhkan uluran bantuan dan menyemangati dari musibah yang dihadapi.” Dukungan secara materiil maupun moril sangat dibutuhkan saudara saudara kita di Cianjur. Saat ini mereka membutuhkan bantuan kita baik itu pangan, sandang, tempat tinggal yang layak, hingga beberapa anggota keluarga yang masih belum ditemukan,” ungkap Fadil dalam sambutannya.

Untuk itu, Polda Metro Jaya mengambil inisiatif untuk membantu memberikan bantuan sosial berupa bahan pokok makanan, pakaian, obat-obatan, air bersih, dan bantuan logistik lainnya.

Adapun jumlah bantuan kemanusiaan Polda Metro Jaya yang telah terhimpun antara lain ada beberapa item, kurang lebih sekitar 34 item, mulai dari mie instan, minyak goreng, ada uang tunai dari rekan-rekan Polda Metro Jaya, dari hasil celengan bencana, pakaian, kemudian karpet, terpal, peralatan mandi, obat-obatan, snack, beras, susu, masker, pembalut Wanita, sendal dan kebutuhan-kebutuhan anak. Ada juga kebutuhan-kebutuhan tidur seperti selimut, sarung, mukena, dan sebagainya.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana gempa bumi di Cianjur,” kata Fadil.

Menurut Fadil, pemberangkatan bantuan sosial ini merupakan bentuk kepedulian atas dasar kemanusiaan dari Polda Metro Jaya untuk berbakti kepada masyarakat Indonesia meskipun Cianjur bukan dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya, namun hasrat kemanusiaan tidak akan membatasi kita untuk terus berbagi kepada sesama.

“Kita juga terus bekerja sama dengan Polda Jawa Barat untuk membantu percepatan pemulihan masyarakat, yang tentunya dengan semangat guyub dan gotong royong di jajaran Polda Metro Jaya,” ungkapnya.

Bantuan kemanusiaan ini merupakan hasil dari pengumpulan bantuan Polres jajaran Polda Metro Jaya, dan para dermawan-dermawan lainnya. Polda Metro Jaya, kata Fadil tidak bergerak sendiri, pihaknya nya merangkul masyarakat yang siap mengabdikan raga dan waktunya untuk menjadi relawan kemanusiaan.

Tercatat sampai dengan pukul 08.22 pagi ini, total pendaftar relawan kemanusiaan siap bergerak yang masuk sejumlah 1.032 relawan, yang terdiri dari 312 tenaga Kesehatan, 689 tenaga non kesehatan, dan ada 31 orang relawan dokumentasi.

Hal ini menunjukkan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Jakarta untuk ikut membantu meringankan saudara-saudara kita di Cianjur. Mari kita bergerak bersama untuk memberikan dukungan dan bantuan, serta membantu pemulihan trauma masyarakat Cianjur.

” Semoga saudara-saudara kita yang terdampak gempa bumi di Cianjur dan sekitarnya selalu diberikan Kesehatan, ketabahan, serta lekas bangkit dari luka dan luka yang lainnya,” pungkas Fadil.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *