SHARE

Jakarta-Journal Reportase,- Tri Suswati dilantik sebagai Ketua Wanita Selam Indonesia (WASI). Istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu berharap WASI bisa menjadi wadah penyelam wanita memperkenalkan keindahan laut Indonesia di dunia internasional.

“Kita adakan WASI ini supaya komunitas-komunitas yang ada di Indonesia ini nanti bersatu di bawah WASI bergabung melakukan hal berguna bagi kepentingan kelautan Indonesia,” kata Tri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Tri dan sejumlah pengurus WASI lainnya dilantik Ketua Umum Pengurus Besar POSSI Mayjen TNI Mar (Purn) Buyung Lalana. Pelantikan dilangsungkan di gedung Aula Utama Polda Metro Jaya. Usai pelantikan, Tri berharap WASI menjadi wadah bagi para wanita pecinta selam di Indonesia. Untuk memajukan organisasi, Tri menyatakan akan berpartisipasi dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2018.

“Program jangka pendek dalam rangka HUT RI kami akan mengadakan parade bendera dari Sabang sampai Papua yang dilakukan lady divers di wilayah tersebut, kami akan sebarkan ke seluruh masyarakat bahwa ini loh salah satu cara mensyukuri kemerdekaan RI,” tuturnya.

Tri juga bercita-cita untuk memecahkan rekor perempuan penyelam dalam mengibarkan bendera terpanjang di bawah laut. Tri juga ingin lebih memajukan pariwisata bahari Indonesia lewat organisasinya itu.

“Pengelolaan pariwisata bahari ini khususnya underwater lebih banyak dilakukan operator asing, karena mereka punya karakter sangat ulet. Mereka juga mampu melakukan marketing ke dunia internasional sehingga kegiatan itu bisa terlaksana dengan baik, kita juga ingin seperti itu,” paparnya.

Tri memang hobi diving. Dia memulai diving sejak 2012, ketika Tito menjabat sebagai Kapolda Papua. Sejak saat itu, Tri bersama keluarga Polri sering menyelami bawah laut Indonesia. Sudah ada banyak tempat yang dia selami, dari Sabang sampai Merauke. Labuan Bajo merupakan salah satu tempat favoritnya karena keindahan bawah lautnya yang mengagumkan.

“Yang pasti itu indah sekali dan suatu surprise kita bahwa ada dunia begitu indah yang tidak kita lihat sehari-hari. Bayangkan, kalau seandainya bisa lihat hiu lewat di depan kita. Sebetulnya ikan itu tidak mengganggu kita kalau kita tidak mengganggu mereka,” kata Tri. [red]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY