Kakanim Kelas I Non TPI Tangerang : Kolaborasi Berikan Pelayanan Terbaik Bagi WNI dan WNA

TANGERANG- JOURNALREPORTASE- Dua rangkain kegiatan pejabat baru yang Menahkodai Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang usai dilaksanakan.

Setelah tiga kali dipegang tanggungjawab oleh Pelaksana tugas (Plt), akhirnya Kementriam Hukum dan Ham memberikan kepercayaan kepada Rakha Sukma Purnama secara definitif mengemban tugas sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang.

Jabatan yang sebelumnya dipimpin Felucia Sengky Ratna yang kini menjabat sebagai Kakanim Jakarta Selatan, roda kegiatan dan pelayanan masyarakat sementara dijalankan oleh Plt. Ada tiga Plt yang pernah ditunjuk, yakni Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Ujo Sujoto, lalu Toto Suyanto dan Rahmatul Najiha El Hassan.

Rakha Sukma Purnama mantan Kepala Kantor Imigrasi Kediri dan Balikpapan resmi dilantik berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: SEK-02.KP.03.03 TAHUN 2023 tanggal 04 Januari 2023, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Administrasi di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Rakha Sukma Purnama dilantik sebagai Kekanim Kelas I Non TPI Tangerang pada Selasa, (10/01/2023).

Yang kemudian dilanjutkan Pisah sambut yang berlangsung di Sport Club Modernland, Tangerang, Jumat (20/1/23), sore.

Plt Rahmatul Najiha El Hassan berharap, Kanim Tangerang di bawah kepemimpinan Rakha tetap mempertahankan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Pasalnya, Kantor imigrasi ini menjadi satu-satunya yang menjadi perwakilan di Kemenkumham di Tangerang dengan Predikat terbaik.

“Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang ini menjadi satu-satunya yang menjadi perwakilan Kemenkumham di Tangerang dengan predikat terbaik,” ujarnya.

Harapan Rahmatul Najiha El Hassan diaminin oleh Rakha Sukma Purnama, Menurut Rakha pesan dan harapan yang disampaikan pejabat sebelumnya bukan pekerjaan mudah. Mengingat, mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan. ” Amanah ini akan saya jalankan sebaik mungkin,” tutur Rakha.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Tejo Harwanto yang hadir langsung menyaksikan pisah sambut menyampaikan terimakasih kepada Rahma atas dedikasinya selama menjalankan tugas di Imigrasi Tangerang.

“Terima kasih kepada Bu Rahma atas dedikasinya dan selamat bertugas di tempat yang baru,” kata Tejo.

Dalam sambutannya, Tejo menyampaikan bahwa Sebagai pelayan publik, kita wajib memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan tidak menyalahi ketentuan peraturan perundang- undangan. “Selalu lakukan komunikasi dan kolaborasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara, serta selalu berinovasi dan mencari olusi terhadap suatu permasalahan. Selalu informasikan kepada saya apabila ada hal-hal yang keluar dari konteks yang seharusnya,” bebernya.

Rakha Sukma pun berharap agar pejabat yang lama dan yang baru dapat segera berkolaborasi dan berkinerja dengan baik dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing.

Sebagai ASN kita memiliki tanggung jawab untuk selalu berkomitmen
meningkatkan kinerja secara profesional dan akuntabel sesuai dengan Resolusi Kemenkumham tahun 2023 yaitu Wujudkan Kementerian Hukum dan HAM Semakin PASTI dan BerAKHLAK dengan bekerja secara cepat, tepat, ikhlas, dan hasilnya akuntabel sehingga dapat mendukung peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Dalam pisah sambut juga dihadiri Kadivpas Kanwil Kemenkumham Banten beserta jajaran, Kapolres Metro Tangerang Kota, Tangsel, Dandim 05/06, BNN Tangerang (yang mewakili)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *