by

JKN-KIS Berikan Manfaat Positif Kesehatan Nasional

JAKARTA-JOURNALREPORTASE- Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah berjalan lebih dari 6 tahun lamanya telah memberikan banyak manfaat dan dampak positif bagi dunia kesehatan nasional, terutama untuk peserta JKN-KIS.

Prinsip gotong royong yang dipegang oleh BPJS Kesehatan bukanlah tanpa tujuan, prinsip ini menggambarkan disaat kita sehat, iuran yang kita bayarkan tersebut dipergunakan bagi saudara – saudara yang sedang sakit. Salah satu peserta yang telah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS ini ialah Mahpudin (43 Tahun).
Mahpudin menceritakan saat dirinya menderita penyakit tifus pada tahun 2016.

Tifus itu sendiri ialah penyakit yang menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi dan disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, bakteri ini biasanya ada dalam air yang terkontaminasi dan bisa menempel pada makanan atau minuman yang anda konsumsi.

Dirinya yang saat itu fasilitas kesehatan tingkat pertamanya terdaftar di Klinik Pratama Bahagia, Jakarta Timur, sedang berkunjung ke Bandung untuk urusan keluarga, tanpa diduga terkena penyakit tifus, langsung saja ia dibawa ke klinik terdekat dan dirujuk ke rumah sakit untuk diambil tindakan lebih lanjut.
“Saya sangat terbantu sekali dengan hadirnya BPJS Kesehatan, meskipun saya terdaftar di puskesmas dekat tempat tinggal saya di Jakarta, namun ketika sedang berkunjung ke luar kota masih bisa digunakan tanpa ada kendala sama sekali,” ucap Mahpudin pada saat dikonfirmasi oleh tim Jamkesnews pada Kamis (25/6).

Semenjak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS ditahun 2014, Mahpudin sudah tidak terhitung lagi manfaat yang didapatkannya dari Program JKN-KIS dan semuanya tanpa ada kendala serta tanpa ada iur biaya sedikitpun. Diakhir perbincangan, Mahpudin berharap kedepannya Program JKN-KIS dapat menjadi program yang semakin baik dan berkualitas karena ia yakin tidak sedikit yang terbantu dengan hadirnya program tersebut.(PG/cp)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed