by

Jatanras Polda Metro Jaya Tangkap Pencuri dan Penadah Sepeda

JAKARTA- Subdit 4 Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya berhasil menangkap pencuri Sepeda yang terjadi dibeberapa lokasi di Tangerang dan Jakarta Utara. Dalam pengejaran 7 pelaku berhasil di ringkus, sementara 1 orang pelaku berinisial ER masih di buru (DPO). Ke tujuh pelaku yang ditetapkan sebagai tersangka yakni 4 pencuri dan 3 penadah sepeda.

” Ada 4 orang laki laki tersangka pencuri sepeda yang kami tangkap, mereka adalah ETB alias Ambon (31), RH alias Ryan alias Ozi (22), YI alias Yono (26),T alias Iyus alias Loreng (35). Kemudian 3 orang penadah diantaranya AS alias RT Dede (39), E alias Endang (50) dan M (65). Sedangkan 1 pelaku masih dalam pengejaran (DP),” beber Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus dalam keterangan persnya di Mapolda Metro Jaya, Senin (16/11).

Yusri menjelaskan mereka ditangkap karena adanya laporan masyarakat bahkan ada 4 orang yang menjadi korban pencurian sepeda tersebut.

Mereka para pelaku menjalankan aksi pencurian di beberapa wilayah di Tangerang dan Jakarta.

Aksi kejahatan yang mereka lakukan, kata Yusri secara bersama sama masuk ke perumahan perumahan dengan cara memanjat pagar
belakang perumahan.”Jadi dalam menjalankan aksi pencurian lebih dari satu orang masuk keperumahan dan kawan lainnya
menunggu di luar pagar sambil mengawasi dan untuk menerima sepeda hasil curian,” terang Yusri.

Setelah mendapatkan sepeda sesuai dengan jumlah dari mereka yang tergabung selanjutnya, lanjut Yusri
melakukan Gowes bareng menuju ke tempat penadah untuk kemudian menjual sepeda hasil curian nya.

Yusri mengatakan ada juga tersangka lainnya seperti T, melakukan pencurian mengincar sepeda-sepeda yang terparkir tidak terkunci di area pasar yang kemudian hasil curian dijual ke tersangka M. Dari rangkaian penangkapan yamg dilakukan Team Opsnal unit 1 Jatanras berhasil
melakukan penangkapan terhadap 3 orang pelaku di pasar Anyar Tangerang masing masing
bernama ETB als. Ambon, RH als.Ryan dan YI als. Yono. ” Ketiga nya kemudian di bawa ke Polda
Metro Jaya guna di lakukan pemeriksaan dan pengembangan kasus selanjutnya,” terang Yusri.

Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku ETB, RH, YI diketahui bahwa para pelaku telah beberapa kali melakukan pencurian sepeda di daerah
Sepatan dan Jatiuwung Tangerang. Dari Hasil pencurian tersebut mereka jual kepada
penadah,” ungkap Yusri.

Yusri juga mengatakan dari aksi mereka diketahui puluhan unit sepeda berhasil di gondol para tersangka sejak Januari 2020 sampai dengan November 2020.

Selain puluhan sepeda yang diamankan oleh para penadah, petugas juga menyita bara bukti seperti Tang Kable, Cutter, Handphone dan lembar kwitansi pembelian sepeda lipat.

” Atas kejahatan pencurian sepeda, yang bersangkutan para tersangka di jerat Pasal 363 KUHP, diancam penjara paling lama 7 tahun dan Pasal 362 KUHP, diancam dengan pidana penjara paling lama 5 tahun,” tandas Yusri.

src="https://journalreportase.com/wp-content/uploads/2021/01/WhatsApp-Image-2021-01-21-at-11.15.36.jpeg">

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed