5 Calon Kuat Pengganti Kapolda Metro Irjen Fadil Imran Versi ICK, Yuk Simak!

JAKARTA-JOURNALREPORTASE – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam waktu dekat dikabarkan bakal melakukan perombakan besar-besaran pejabat level perwira tinggi atau Pati.

“ICK mendapat informasi layak dipercaya di Mabes menyebutkan Kapolri akan melakukan mutasi skala besar untuk jajaran Pati di Mabes Polri dan sejumlah Kapolda. Tentu pergeseran Pati dan Kapolda sesuai harapan masyarakat dan Presisi yang digadang-gadang Kapolri untuk menjalankan tupoksi Polri dalam memberikan Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat dapat lebih baik dan maksimal,” kata Ketua Presidium Indonesia Cinta Kamtibmas (ICK) Gardi Gazarin lewat keterangannya yang diterima journalreportase.com, Jumat (24/11/2022).

Gardi menerangkan, berdasarkan informasi yang diperolehnya dari sumber terpercaya, sejumlah jabatan yang dirombak Kapolri antara lain Kapolda Metro Jaya, Kapolda Riau, Kapolda Sumatera Utara, Kapolda Sulawesi Selatan, Kapolda Banten.

Secara khusus, Gardi blak-blakan terkait kandidat kuat yang akan ditunjuk Kapolri untuk menggantikan posisi Irjen Muhammad Fadil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya saat ini.

“Ada Irjen Muhammad Iqbal yang sejak 17 Desember 2021 menjabat Kapolda Riau, Irjen Suntana (Kapolda Jawa Barat), Irjen Prof Rudi Haryanto saat ini Kapolda Banten, Asrena Polri Irjen Wahyu Hadiningrat dan Brigjen Hendro Pandowo (Wakapolda Metro Jaya),” ucap dia.

Lebih lanjut Gardi menuturkan calon Kapolda Metro harus punya track record mumpuni sehingga dapat diandalkan mengamankan Kamtibmas, termasuk mendukung keberagaman, pemberantasan narkoba sampai akarnya dan memperbaiki kesemrawutan lalu lintas Jakarta.

“Warga Jakarta dan sekitar dengan penduduk nencapai 10 juta lebih ini tentu sangat mendambakan Kamtibmas terjaga kondusif, lalu lintas yang aman dan nyaman terutama tidak lagi macet berkepanjangan. Meski memang terus ada perbaikan namun ICK menilai belum signifikan. Kehadiran Kapolda paham pencegahan secara prosedur atas kejahatan jalanan, maraknya tawuran antar warga dan ancaman arogansi ormas,” tandasnya.

“Penanganan lalu lintas tidak saja untuk lebih memberikan Kamtibmas yang lebih baik lagi juga lalu lintas ibu kota perlu penyelesaian maksimal dari pucuk pimpinan Polda Metro Jaya yang juga memilih lebih keahlian dalam penanganan lalu lintas yang juga nadi kehidupan ibukota saat menjalankan aktifitas,” Gardi menambahkan. (AY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *