SHARE
Adds

Jakarta- Journal Reportase,- Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Ditlantas Polda Metro Jaya, melayani permintaan surat izin mengemudi (SIM) bagi penyandang cacat tubuh atau disabilitas dari “Komunitas Difabel Motorcycle Jabotabek”. Kelima belas (15) penyandang cacat tubuh tersebut mendapat perlakuan khusus dalam mengurus SIM D.
Menurut Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan meskipun berbeda, materi ujian tetap mengedepankan pengetahuan dan pemahaman para penyandang disabilitas terkait aturan kelalulintasan.
“Meski mendapat perlakuan khusus, namun mereka (pemohon Disabilitas) tetap diuji,” ujar Kompol Fahri Siregar kepada wartawan di Jakarta, Kamis, kemarin.
Keterbatasan fisik para penyandang disabilitas menjadi perhatian petugas layanan Satpas SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, yaitu dengan memberikan jalur dan tempat khusus dibanding pemohon umum lainnya.
Dalam pelayanan ini, petugas mendampingi mulai dari pengurusan dokumen legalitas. Tidak hanya itu, petugas juga mendampingi saat sesi pemotretan serta pengambilan sidik jari untuk kepentingan identifikasi pada kartu SIM yang akan dicetak.
“Perlakuan khususnya di sini adalah pendampingan, mulai dari tes mata, pendaftaran, foto, ujian teori dan praktik. Semua berjalan seturut dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Fahri.
Fahri menambahkan, meskipun berbeda materi ujian. Namun tetap mengedepankan pengetahuan dan pemahaman para penyandang disabilitas terkait aturan kelalulintasan, kemampuan berkendara menggunakan kendaraan khusus yang biasanya terdapat roda tambahan di bagian belakang serta standar keselamatan berkendara.
“Saya berharap kepada seluruh penyandang cacat tubuh (disabilitas) untuk mengurus SIM D. Ini sebagai bentuk kepatuhan dalam mendukung gerakan tertib berlalu lintas,” pungkasnya.
Fahri optimis jika kedepannya pelayanan SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, lebih baik dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Insya allah, kedepan kami berusaha memberikan prima yang lebih maksimal,”tandasnya. (red)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY