SHARE

Jakarta-Journal Reportase,- Perang terhadap narkoba terus dilakukan pihak kepolisian, Polres Metro Jakarta Barat kembali menggerebek, lapak narkoba di Kampung Boncos, Kota Bambu Utara, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (7/2/18).
Seperti diketahui dalam pengrebekan ini satuan narkoba dari Polres Metro Jakarta Barat, polisi menemukan narkotika jenis sabu seberat 64 gram. Selain barang tersebut, polisi juga mengamankan sembilan tersangka yang diduga bandar, dan menyita senjata tajam dan sejumlah uang tunai.
Kampung Boncos yang memang dikenal sebagai kampung narkoba. Bahkan di lokasi ini polisi telah berulang kali melakukan penggrebekan. “Setiap bulan kita lakukan penindakan dan ini yang paling besar,” kata Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Hariyadi.
Trend penjualan narkoba di lingkungan ini pun berubah dari penjualan narkotika jenis kokain dan kini menjadi sabu. Guna penyelidikan lebih lanjut, tersangka dan barang bukti diamankan ke Mapolres Jakarta Bara. Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, peredaran narkoba di Kampung Boncos, Palmerah, Jakarta Barat dinilai berbeda dengan lokasi lain.
Sebab pengedar narkoba menyediakan sebuah bilik untuk dipakai oleh pembeli mengonsumsi narkoba. Dalam penggerebekan kali ini, polisi berhasil mengamankan sembilan orang pelaku.
Sembilan perlaku tersebut bernama Hais (37), Mustakim alias Mus (1982), ronald anggoro (35), damanik setiawan alias Manik (28), Martin Faizin ardiandi (23), Ariyanto (36), Robby Poernomo (33), Adi Bobby Eriyanto alias Ade (28) dan Riyadi (30). Sedangkan untuk barang bukti yang disita berupa 10 paket klip sabu, jimat milik pelaku, sejumlah uang, dan akat hisab bong.
“Para pengguna bisa mengkonsumsi disini atau hanya membeli dan membawanya keluar,” kata Hengki di lokasi. Hengki menegaskan, penggerebekan yang dilakukan berulang kali, sering bocor dan bandar pun berhasil meloloskan diri. Apalagi kawasan itu banyak gang sempit yang memudahkan bandar menghilang dengan cepat.
Ia menambahkan, dalam penggerebkan Kampung Boncos, bukan untuk nencari pencitraan polisi semata. Tetapi ingin menunjukan bahwa pihaknya konsisten memerangi narkoba di wilayah hukumnya.”Yang ingin kami sampaikan lewat penggerebekan ini adalah pesan kepada para pemangku kepentingan, ‘Ini lho, ada masalah di sini yang tak pernah tuntas’. Yuk kita kerja bareng membebaskan Kampung Boncos dan merawat kampung ini,” tandasnya

Sementara, dalam penggrebekan itu, operasi dipimpin Kabag Op Polres Metro Jakarta Barat AKBP Priyo dan Kasat Narkoba AKBP Suhermanto. Polisi dengan cepat membawa mereka di pinggiran lapangan bulu tangkis dengan tangan diborgol. Sejumlah warga kemudian memperhatikannya. “Ini dari mana,” kata Wakasat Narkoba Polres Jakbar, Kompol Khoiri yang ikut dalam penggrebekan.

Mereka yang diamankan berasal dari sejumlah pihak di kawasan Jakarta seperti Tanah Abang, Indramayu, dan beberapa titik lainnya. Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat, AKBP Suhermanto, mengatakan mereka diamankan dari dua tiga rumah warga, di Kawasan Kampung Boncos, RT 007/003, Kelurahan Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat. Rumah itu terdapat lapak lapak narkoba. “Rencanaya narkoba itu akan di sebar ke masyarakat,” kata Suhermanto singkat. [red]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY