SHARE

Jakarta-Journal Reportase,-  Untuk mempelancar   arus kendaraan yang masuk memanfaat ruas jalan tol, PT Jasa Marga  (Persero) menyiapkan sejumlah fasilitas tambahan, yakni   kamera CCTV hingga mobile reader di gerbang tol (GT).

Hal ini dilakukan  masyarakat yang  mudik  di tahun ini    menjadi nyaman dan lancar

Direktur Operasi I Jasa Marga Mohammad Sofyan mengatakan penambahan fasilitas mudik tahun ini lantaran jumlah ruas tol yang dioperasikan perseroan lebih panjang dibanding tahun lalu. Tambahan fasilitas di jalan tol ini untuk memperkuat layanan mudik menjadi lebih lancar.

“Untuk mudik ini kita menambah beberapa fasilitas, contoh Variable Message Sign (VMS) itu kita tambah 14 unit, tahun kemarin 106, sekarang jadi 120 unit. Kemudian CCTV juga kita tambah 14 unit, selain itu layanan jalan tol seperti rescue kita tambah 17 dan lainnya,” kata Sofyan di kantor pusat Jasa Marga, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Selain itu, kata Sofyan, dengan penerapan transaksi 100% non tunai di seluruh ruas tol, Jasa Marga juga menambah layanan mobile reader di ruas jalan tol yang dikelolanya untuk memperlancar arus kendaraan di gerbang tol.

“Mobile reader ini kita siapkan 25 unit di Jakarta, 4 unit Semarang, 3 di Banyumanik, ini lokasi GT yang kita prediksi kepadatannya cukup tinggi, terutama Cikarang Utama, Semarang, Banyumanik, lalu Purbaleunyi tersebar 18 unit, 35 dalam kota, khususnya di arah menuju Cengkareng,” tuturnya.

Tak hanya itu, Jasa Marga juga bekerja sama dengan pihak perbankan untuk menambah layanan top up atau isi ulang uang elektronik di 43 titik. Layanan gerak dari perbankan juga ditambah di 24 titik rest area ruas tol yang dikelola Jasa Marga.

“Kemudian di samping itu bagi pengguna jalan, first time user, kita di seluruh jalan tol juga bekerja sama dengan bank penjualan kartu tol. Tapi kita berharap pengguna jalan menyiapkan lebih awal agar kelancaran di gerbang bisa terjaga,” jelasnya.

Sedangkan untuk rest area, untuk tahun ini Jasa Marga menyiapkan 67 di ruas-ruas yang dikelolanya. Rest area tersebut terdiri dari rest area tipe A dengan layanan yang lengkap, hingga rest area untuk parking bay. Rest arena juga disediakan di jalan tol dengan status fungsional.

“Di Jakarta-Cikampek, selain tempat istirahat besar ada juga yang kecil. Pada ruas fungsional yang Batang-Semarang, kita juga siapkan 8, ada 4 rest area, dan 4 tambahan untuk kepentingan pengguna jalan di jalur fungsional, kemudian Semarang-Solo kita siapkan 4, 1 sudah operasi, kemudian 3 sediakan dengan fasilitas minimum. Ngawi-Kertosono juga ada 4 kita siapkan, Gempol-Pasuruan juga ada,” tuturnya. [rd]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY