SHARE

JournalReportase.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperkirakan jumlah perjalanan pada saat lebaran pada Juni 2018 nanti akan naik 4 persen.

Ada sebanyak 393 perjalanan lebaran tahun ini dibandingkan tahun lalu sebesar 379 perjalanan kereta reguler dan cadangan untuk angkutan Lebaran 2018. Angkutan Lebaran ini akan beroperasi pada 5-26 Juni 2018.

“Arus mudik diperkirakan puncaknya pada Rabu 13 Juni 2018 dan puncak arus balik diperkirakan pada Minggu 17 Juni 2018,” kata Slamet Suseno Priyanto, Direktur Operasi PT KAI di Jakarta, Senin (12/3/) siang saat ditemui dikantornya dikawasan Juanda, Jakarta Pusat.

Slamet juga menyebutkan pada masa angkutan lebaran ini, KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. Selain itu, KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan mengupgrade sistem firewall untuk meminimalisasi risiko adanya gangguan sistem IT serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket KA.

Untuk keselamatan, lanjut dia, KAI meningkatkan pengawasan di daerah-daerah rawan dengan menyiagakan 236 petugas posko dan alat material untuk siaga berupa batu balas.

“KAI menyiapkan tenaga keamanan dari internal dan ekaternal serta anjing pelacak,” katanya.

Tiket kereta sendiri dapat dipesan mulai H-90 sebelum keberangkatan. Proses pemesanan tiket pada 7-24 Maret 2018.

“Tiket dapat dipesan selama 24 jam melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan minimarket terdekat,” papar Slamet.

Selama libur Lebaran, PT KAI menyiapkan total 236.210 kursi. Jumlah petugas keamanan yang disiagakan untuk kelancaran arus libur Lebaran sebanyak 7.503 orang.

PT KAI juga menggelar posko pengawasan di daerah rawan longsor. Mereka akan menyiagakan 236 petugas posko dan alat material untuk siaga (AMUS) berupa batu balas, bantalan rel, dan pasir.

“Untuk kesiapan angkutan ini, kita jaga kerawanan-kerawanan daerah banjir dan amblesan. Kita mengadakan posko di daerah-daerah rawan ambles dan longsor. Kita juga sediakan AMUS,” ucap Slamet.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY