SHARE
Adds

JAKARTA-JROL,-Kementerian Enegeri dan Sumberdaya Mineral kembali melakukan penyesuaian tarif listrik. Hal itu diberlakukan untuk pelanggan golongan 900 VA.

Terhitung sejak kemarin tarif dasar listrik mengalami kenaikan sebesar Rp 329 per KWH. Sehingga saat ini ada kenaikan menjadi Rp 1.352 sesuai dengan keputusan dari peraturan pemerintah. Permen ESDM 28/2016 tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediaakan PLN akan mengalami kenaikan. Dan bulan ini adalah salah satu hal yang menjadi akhir dari kenaikan harga.

Program BBM Satu Harga, Harga BBM di 9 Daerah Pedalaman Papua Ini Sudah Sama dengan Jawa. Dengan kenaikan yang telah terjadi maka ada 19 jutga pelanggan pengguna golongan 900 VA harus membayar dengan nominal harga Rp 1.352 per kWh sesuai dengan ketentuan dari PLN.

Dari peraturan menteri sendiri mengatakan jika harus ada penyesuaian yang dilakukan untuk tarif listrik. Dan bulan ini adalah akhir dari penyesuaian perusahaab berplat merah itu.Sementara itu masyarakat yang menggunakan listrik sebesar 900 VA non subsidi nantinya akan disesuaikan dengan harga keekonomian yang diberlakukan.

Sampai saat ini tarif dasar listrik untuk nonsubsidi saat ini masih berada di angka Rp 1.467, 28 per kWh. Harga tersebut akhirnya kembali mengalami kenaiakan pada bulan Juli mendatang.Nantinya harga akan disesuaikan dengan golongan pengguna listrik 1.300 VA. Kenaikan yang terjadi kali ini bukanlah rangkaian dari sejumlah tahap lainnya yang berlaku sejak Januari, Maret dan Mei.

Soal adanya tarif listrik baru itu Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andi Noorsaman Sommeng menjelaskan jika sampai saat ini proses kanaikan tarif tetap berjalan lancar. Bahkan tidak ada gangguan yang terlalu berarti ketika ada kenaikan. Andy mengatakan jika hal tersebut bisa terjadi lantaran masyarakat yang dinilai sudah mengetahui adanya subsidi tepat sasaran.

Sehingga dalam kenaikan harga tarif untuk pengguna listrik golongn 900 VA tak ada kendala yang berarti. Dengan kenaikan ini PLN mengharapkan akan ada penghematan yang bisa dilakukan. [***]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY