SHARE
Adds

JAKARTA-Journal Reportase,- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menginstruksikan jajarannya untuk menyelidiki masalah lingkungan yang melatarbelakangi wabah belalang kembara di Sumba Timur.

Menurutnya, masalah ini tak bisa dilepaskan dari kondisi lingkungan hidup.”Kalau dari saya, dari sisi lingkungan itu dulu yang harus diidentifikasi,” kata Siti di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Belalang, kata Siti, kini menjadi masalah hama. Dalam kaitannya dengan masalah pertanian, tentu Menteri Pertanian yang berkompeten. Namun soal lingkungan yang mengakibatkan fenomena itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan perlu menyelidiki.

“Kalau dari sisi lingkungan, saya harus melihat dan meminta kepala penilitian dan pengembangan untuk terus mengikuti perkembangan,” kata Siti.

Dia bahkan menengarai terjadi perubahan genetik dalam kasus itu. Dia tak menjelaskan lebih lanjut perubahan genetik apa yang dia maksud, apakah terjadi pada belalang itu sendiri atau sekadar permisalan adanya perubahan kondisi lingkungan hidup.

“Itu terjadi sebuah mutasi di situ. Setelah terjadi mutasi, di alam dikonstruksi microclimate. Di iklim mikro masih terus dipelajari apa yang sebenarnya terjadi,” kata Siti. Dia mengaku belum berkoordinasi dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Pihaknya akan mengumpulkan keterangan terlebih dahulu sebelum berkoordinasi dengan pihak Amran.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY