SHARE

JAKARTA- Berdasarkan survey terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA. ” Hasil survei LSI yang baru saja selesai April 2017, Anies-Sandi 51,4 persen, Badja 42,7 persen dan yang belum menentukan 5,9 persen,” ujar Founder LSI, Denny JA dalam siaran pers Kamis (13/4/2017).

Survei yang berlangsung pada 7-10 April 2017 di Jakarta, dengan menggunakan metode multistage random sampling secara tatap muka terhadap 440 responden. Adapun Margin of error survei ini plus – minus 4,8 persen.

Hal yang unik dari survei kali ini rendahnya swing voter yang belum menentukan pilihan dalam pilgub DKI. Sedangkan pemilih paslon No.3 yang pada  putaran pertama akan konsisten memilih paslon Anies Sandi, begitu juga paslon Badja yang terkenal militan dan intoleran.

Senada dengan hasil survei LSI Denny JA, Lembaga Indometrik juga merilis hasil survei pilgub DKI tujuh hari menjelang pilkada putaran kedua.

Berdasarkan hasil survei Indometrik elektabilitas Anies-Sandi 48,40 persen,  sedangkan paslon petahana Badja 46,7 persen.

Hasil survei yang disampaikan oleh Direktur Indomatrik, Husin Yazid di Cafe Bangi Kopitiam, Jalan Agus Salim Nomor 57, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/4/2017).

Elektabilitas pasangan Anies-Sandi menurut hasil survei Indometrik unggul telak di Jakarta Selatan dengan angka 53,75 persen. Adapaun tingkat keterpilihan duet Ahok-Djarot di Jaksel diperkirakan hanya 39,90 persen.

Survei ini ini dilakukan tanggal 1 April 2017 hingga 8 April 2017, dengan jumlah responden sebanyak 1.250 responden. Dengan metode dari survei ini yakni multistage random sampling, margin of error sebesar plus minus 2,8 persen. Dengan Survei yang dilakukan di enam kotamadya dan empat puluh empat kecamatan di DKI Jakarta.

Husin memaparkan tiga rekomendasi dalam kesempatan itu,  “Pertama harus mampu menarik suara kantong-kantong suara Agus-Silvy yang 17 persen. Kedua harus mampu dan bisa memikat suara golput yang sekitar 23 sampai 24 persen. Lalu ketiga harus berani untuk menarik suara kompetitor, Anies harus berani mengambil suara Ahok dan sebaliknya,”

“Golput bisa juga diambil oleh para kandidat, hasilnya ini sangat-sangat tipis, suara Agus-Silvy akan menentukan kemenangan dan yang kedua adalah golput,” imbuhnya.

menanggapi hasil survei yang di rilis oleh LSI dan Indometrik,
“Ya kita bersyukur Alhamdulillah. Tapi ini belum selesai, itu survei. Nanti sensus yang penting, yang akan menentukan. Sensusnya tanggal 19 April,” ujar Anies di Hotel Kartika Chandra, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (13/4/2017)

Alhamdulilah telu menang,  coment  netizen, Kamis (13/4/2017).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY