SHARE

Jakarta-Journal Reportase,- Kapolri Tito Karnavian bersama Duta Baca Najwa Shihab meresmikan Pojok Baca Polda Metro Jaya di area Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.
Tito mengatakan, keberadaan ruang-ruang baca ini diharapkan mampu menjadi sarana mendekatkan polisi dengan masyarakat.”Ini adalah cara-cara non-kekerasan. Cara mendekati masyarakat dengan buku dan mengajar,” ujar Tito di lokasi, Jakarta Barat, Kamis (10/8/17).
Tito menuturkan, ide kreatif terciptanya pojok baca dengan sloga ayo membaca berasal dari Najwa Shihab yang telah dinobatkan Perpustakaan Nasional sebagai Duta Baca. Diharapkan, tiap-tiap polda di seluruh Indonesia segera memiliki Pojok Baca.
“Saya merasa cocok dengan ide ini. Ini jelas dalam rangka menyelamatkan minat baca yang masih rendah di masyarakat dan juga di kepolisian,” kata dia.
Najwa mengatakan, penunjukan dirinya sebagai Duta Baca memiliki tantangan tersendiri di tengah rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Dia kemudian mengirimkan surat kerja sama ke sejumlah pihak untuk membangun ruang-ruang baca yang ditujukan untuk masyarakat umum.
“Dari kebanyakan institusi yang paling cepat merespons tugas besar adalah Pak Tito,” ucap Najwa.Melihat fasilitas Pojok Baca yang dibuat kepolisian di salah satu ruangan Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Najwa terkagum-kagum. Ia optimistis ruang baca itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, terutama mereka yang tengah sibuk mengantre pembuatan SIM.
“Ini sih namanya bukan Pojok Baca, tapi perpustakaan. Ada tempat duduknya, ada WiFi gratis. Saya kira tidak ada lagi alasan tidak jatuh cinta membaca,” kata dia.Sebanyak sekitar 2.500 buku tersedia di Pojok Baca. Ruangan sengaja didesain sedemikian rupa agar pembaca merasa nyaman. Terdapat pula beberapa unit komputer dan tablet yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk mengakses informasi melalui internet.Hadir diperesmian pojok baca, Kapolda dan Wakapolda, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kapolres Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok. [red]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY