SHARE
Adds

Jakarta-Journal Reportase,- Memilki   Surat Ijin Mengemudi (SIM) adalah wajib bagi mayarakat pengguna kendaraan bermotor (ranmor). Namun untuk mendapatkan Sim tidak lah mudah. Apalagi saat pemohon menghadapi uji teori dan praktik. “susah-susah gampang”.

Ada sebagian masyarakata mengeluh, sulitnya mendapatkan SIM. Terlebih lagi, jika menjawab soal materi ujian teori, menjadi momok. Akibatnya, masih ada yang ogah membuatnya.

Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar menyatakan, sebenarnya lulus ujian SIM itu tidaklah sulit. Dia pun memberikan tips agar warganet bisa lulus ujian SIM dengan mudah.

Meski demikian, Fahri menuturkan, masyarakat pemohon saat mengajukan permohonan pembuatan SI, ) tentunya, tak selalu mulus, ada yang langsung bisa lulus ada juga yang gagal dan harus mengulang. Namun sebenarnya lulus ujian SIM itu tak terlalu sulit. Tips untuk bisa lulus ujian teori dan praktek, terangnya, layaknya ujian di sekolah. “Jadi kalau mau menghadapi ujian yang kita lakukan itu belajar dan berlatih. “ kata Fahri, seperti dilansir NTMC Polri.
Fahri pun membuka rahasia materi ujian SIM tersebut. Menurutnya, materi itu bahkan bisa dipelajari sebelum pelaksanaan ujian. Tambahan lagi, katanya,  masyarakat pemohon, sebelum menguji kemampuan teori, terlebih dahulu bisa mengakses materi pembelajaran secara online, belajar sendiri dengan buku panduan   lalu lintas atau buku-buku yang ada di perpustakaan Pojok Baca yang disediakan.

”Jadi pemohon bisa dengan mudah mengakses pembelajaran secara online dengan mengujungi www.korlantas.polri.go.id atau mungkin bisa belajar mandiri membeli buku-buku aturan tentang lalu lintas. Bisa juga belajar dari soal-soal yang sudah kita bukukan di perpustakaan Pojok Baca di Satpas Polda Metro Jaya,” ujar Fahri.

Lalu, bagaimana dengan ujian untuk permohonan SIM praktik? Fahri juga menjelaskan dengan gamblang tips agar bisa lulus ujian praktik SIM. “Bagi yang sudah mengikuti ujian praktik sudah tahu (yang gagal ujian praktik pengambilan SIM-Red). Kalau belum tahu bisa melihat dalam website kami atau buku Peraturan kapolri No.9 2012,” kata Fahri.

“Disitu ada materi-materi ujian praktik bagaimana ujian praktik roda dua dan empat. Selain itu pengendara juga diperbolehkan latihan sendiri di Satpas Daan Mogot pada hari Minggu, dengan membawa kendaraan motor sendiri mulai dari jam 08.00-16.00 WIB. Atau mungkin, bisa berlatih di sekolah mengemudi yang terakredetasi,” tambahnya.

Jangan lupa masyarakat pengendara untuk berlatih dan jangan malas untuk membuat SIM ?. Pasti Mudah mendapatkan SIM yang diinginkan. [red]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY