SHARE
Adds

JakartaJournal Reportase.Com-Program prioritas Kapolri, yaitu PROMOTER, Professional, Modern, dan Terpercaya patut didukung seiring perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, guna memudahkan masyarakat mengakses apa yang menjadi keinginan atau kebutuhan untuk pelayanan publik dengan program-program inovatif berbasis IT.

Sebagaimana disampaikan Kompol Tartono Kasi BPKB kepada Untung Sugianto dari  Journal Reportase.Com  situs media online terkini mengatakan, sudah saatnya Ditlantas Polda Metro Jaya bekerjasama dengan instansi terkait dalam rangka membangun jaringan system online dalam rangka digitalisasi sistem pelayanan pada BPKB. Sistem online ini, akan  terjadi sinergi digital antara Seksi BPKB Ditlantas Polda Metro Jaya dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Agen Pemegang merek (APM) serta Lembaga Pembiayaan (finance) yang dinamakan “Integarted BPKB System

 

Sistem BPKB Online

Penggunaan sistem BPKB Online terang Tartono adalah  “Pemamdaatan dan penerapan fasilitas dan program yang terintegrasi untuk  memudahkan pemohon  mendapatkan layanan cepat, aman, transparan, dan akuntabel.”Kita akan layani pemohon khusunya penerbitan BPKB  dengan kemudahan dan kecepatan,” ujarnya.

Kompol Tartono mencontohkan,  seperti e-pendaftaran atau pendaftaran BPKB perubahan secara online, yaitu sebuah layanan online berbasis WEB  service. Tujuannya  untuk memudahkan pemohon BPKB mendaftarkan proses perubahan melalui Website yang telah disediakan.

Selanjutnya pemohon menyerahkan berkas permohonan ke petugas verifikasi dan indentifikasi, setelah dinyatakan lengkap dan sah, lalu petugas memberikan nomor antrian elektronik yang sudah dilengkapi dengan RFID atau e-queue untuk ditempel (taping) pada RFID reader guna mengakses fasilitas e-form.

Pemohon diminta untuk memasukan isian yang telah disediakan, selanjutnya system akan melakukan print out formulir permohonan BPK  dengan sendirinya berikut nomor urut pendaftaran sesuasi nomor urut RFID yang diterima. Kecepatan pelayanan perubahan BPKB ini didukung oleh online database dinas kependudukan dan catatan sipil DKI dan database ranmor BPKB.

Tartono menambahkan, untuk mengetahui penilaian kinerja pemohon diwajibkan memberikan penilaian melalui e-IKM yang tersedia. “Tujuannya, untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan BPKB sampai dimana untuk digunakan sebagai bahan analisa dan evaluasi dalam menetapkan kebijakan peningkatan kualitas pelayanan BPKB,”ucapnya.

Untuk mengetahui penggolongan penilaian dan evaluasi kerja layanan BPKB pemohon juga diminta memberikan penilaian melalui sistem survey pada browser BPKB .NET atau dapat disebut dengan e-survey kepuasan masyarakat.

Bagi yang sudah menggunakan pendaftaran online dapat dilakukan cek proses BPKB pada browser BPKB.NET pada menu “lihat status pendaftaran” atau dapat disebut e-crosscheck BPKB.

Selain pada layanan perubahan BPKB, pada layanan BPKB baru telah dibangun sistem online dengana Agen Pemegang Merek (APM) dimana pihak APM mengirimkan data dan scan dokumen permohonan BPKB ke sistem BPKB online, sehingga  data dan berkas permohonan BPKB baru hanya memerlukan 3 menit untuk penerbitan BPKB.

Hadir dalam acara itu, Kombes Pol. Halim Pagarra Dirlantas Polda Metro Jaya beserta Wadirlantas, AKBP Sumardji Kasubdit Regident, AKBP Sutimin (Kasatwil Jaktim),  Kompol Bayu Pratama (Kasi STNK), Kompol Tartono  (Kasi BPKB), dan Kompol M. Fahri Anggia Natua Siregar (Kasi SIM).

Sementara di jajaran Unit Samsat di lingkungan Ditlantas PMJ antara lain : AKP Dany Rimawan (Kanit Samsat Bekasi Kota), AKP Muh. Ardila Amry (Kanit Samsat Jaktim), AKP Djueri (Kanit Samsat Bekasi Kabupaten), AKP Deddy Suwendi (Kanit Samsat Jakbar), AKP Djoko Sembodo (Kanit Samsat Cikoko), AKP Muryadi (Kanit Samsat BSD), AKP Dicky Prambudi (Kanit Samsat Ciledug), AKP Sri Hernawati (Kanit samsat Cinere), AKP Francis Ssihombing (Kanit Samsat Jakpus), AKP Aryadi Jayaputra (Kanit Samsat Depok), AKP Sugihartono (Kanit Samsat Jaksel), AKP Agung Setiawan (Kanit Samsat Jaktim)

 

 Pelayanan blokir BPKB

Berkas permohonan yang sudah dikirim oleh APM disimpan sebagai e-archive di BPKB dan dapat disajikan ketika diperlukan. Pada pelayanan blokir telah dibangun sistem online dengan pihak terkait meliputi blokir BPKB  dan BPKB used car.

Blokir BPKB leasing cukup mengirimkan nomor rangka dan mesin kendaraan bermotor yang dibiayai ke  Sistem BPKB dan secara otomatis akan dilakukan pemblokiran perdata terhadap BPKB tersebut proses ini dinamakan blokir online atau e-blokir.

Sementara fasilitas berbasis IT untuk menunjang kelengkapan pelayanan BPKB lainnya, terwujud dalam layanan e-informasi. Keunggulan dari fasilitas e-informasi adalah memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi pelayanan BPKB yang cepat, tepat, akurat, dan akuntabel.

Kemudian e-complain adalah sebuah wadah resmi pengaduan masyarakat melalui telp, SMS, Whatsapp dan email yang dapat langsung direspon oleh petugas penerima pengaduan serta ditangani secara berjenjang.

e-ID Ranmor adalah layanan web service yang menyajikan data BPKB secara terbatas kepada masyarakat. Tiada habisnya inovasi Seksi BPKB Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, emmfasilitasi ruang pojok baca dengan layanan yang memadukan konsep membaca secara tradisional dan modern dengan nama Pojok Baca, e-baca dan Internet Corner Ditlantas Polda Metro Jaya.

“Integrated BPKB System, Pojok Bca, e-baca dan Internet Corner Ditlantas Polda Metro Jaya” merupakan suatu bukti bahwa pelayanan Seksi BPKB berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kemudahan pelayanan publik serta dalam rangka Pelayanan Prima guna menuju Polantas yang PROMOTER.[untung sugianto]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY