SHARE

JournalReportase.com, Jakarta – Kecintaannya terhadap dunia musik tak perlu diragukan lagi, jadi wajar jika dari tangannya telah lahir puluhan karya lagu. Lie Ping Kim atau Kak Kim demikian dia biasa disapa mengaku kalau dirinya sama sekali tak pandai memainkan berbagai alat musik.

“Jujur, saya bisanya hanya nulis lagu. Terus biar lagunya punya nyawa, biasanya saya ajak repot Mas Irwanto untuk urusan menggarap musiknya,” kata Kak Kim yang tengah merilis karya lagu ‘Bapak Nusantara’ lewat YouTube, dengan link https://youtu.be/MqehfERooZQ

Kak Kim berkisah proses berkesenian hingga terciptannya lagu ‘Bapak Nusantara’ Tanpa disadari muncul dengan sendirinya ketika menikmati rehat di serambi muka rumahnya.

“Awalnya sih hanya sebatas puisi pendek, sampai akhirnya terpikir kayaknya asik juga kalau dijadikan lagu. Sampai waktu itu pikiran liarku, asik juga kalau digarap video klipnya. Saya juga ingat betul Jumat pagi, 10 Nopember 2017 terciptanya lagu ‘Bapak Nusantara’. Memang baru bulan ini saya baru bisa mewujudkan video klipnya,” kisahnya.

Proses perjalanan lagu ‘Bapak Nusantara’ terbilang cukup panjanh lantaran tak ingin mencederai hati Presiden, Joko Widodo lewat kata-katanya. “Kehati-hatian itu bukan karena takut atau gimana. Sementara Pak Jokowi itu sulit untuk dicari kelemahannya, jadi jangan sampai hanya satu kata di lagu ini segalanya bisa berubah,” katanya yang mempercayakan musik dan arasemen oleh Irwanto Ms – Sholeh

Lelaki kelahiran Jakarta, 19 Juli 1959 silam tersebut yang juga berprofesi sebagai pengrajin batik itu, tergelitik untuk menggarap video klip ‘Bapak Nusantara’ yang dipercayakan kepada rumah produksi Cinematrix Motionworks, sementara Ferdi dan Nita didaulat untuk menyanyikannya.

“Di video klip ini, kebetulan dari saya sendiri ide ceritanya, jadi tak hanya menampilkan penyanyi Ferdi dan Nita, tapi biar unsur nusantaranya dapet, saya hadirkan juga para seniman tari, penari Bali, Sunda, Padang, Kalimantan, dan Papua,” jelasnya.

Kak Kim juga berjanji bahwa lagu ‘Bapak Nusantara’ itu tidak akan dikomersialkan. “Biarkan saja ‘Bapak Nusantara’ muncul di YouTube dan bisa dinikmati siapa saja. Kalau mau jualan lagu, cukup dengan lagu-lagu religi yang saya miliki,” kelakarnya yang berharap bisa  berjumpa dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

“Impiannya bisa terwujud ketemu dengan Pak Jokowi saja sudah senang. Mudah-mudahan dengan lagu ‘Bapak Nusantara’ bisa menjadikan jembatan ketemu dengan beliau, ya?” harap Kak Kim, yang juga pernah menciptakan lagu ‘Bapak Bangsa’ yang ditujukan untuk Gusdur dan lagu ‘Cahaya Purnama’ yang tercipta khusus untuk Basuki Tjahaya Purnama (saat itu Gubernur DKI Jakarta).

Berikut petikan lagunya ;

BAPAK NUSANTARA

Ciptaan: Lie Ping Kim

Arranger: Irwanto

Di zaman now di era milen

Kita memilih Jokowi sang perkasa

Yang siap menumpas buaya darat

Tikus-tikus berdasi pencuri uang rakyat

Dan tak kalah dengan patih Gajah Mada

Dalam sejarah Majapahit

Yang mengikrarkan sumpah Palapa

Demi bersatunya nusantara

Hadirmu bagai bintang jatuh dari surga

Bercahaya menembus khatulistiwa

Penantian panjang dari kami yang dahaga

Dipundakmu kami menaruh asa dan percaya

Lugas tegas tak banyak bicara

Motomu kerja… kerja… dan kerja

Namun jangan pandang sebelah mata

Pembangunan nyata dimana-mana

Reff:

NKRI harga mati tak ada dua

Sesai dengan dasar Negara Pancasila

Kau patut dijuluki bapak Nusantara

Kau kebanggaan kami

Rakyat Indonesia

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY