SHARE
Adds

JROL-JAKARTA,- Korporasi konstruksi dan investasi milik negara, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., menaikkan target hasil penawaran umum saham perdana (IPO) 2 anak usahanya dari Rp2 triliun-Rp3 triliun menjadi Rp8,5 triliun pada 2017.

bintang-perbowo

Direktur Utama Wijaya Karya Bintang Perbowo menyatakan target dana hasil IPO 2 anak usahanya yakni PT Wijaya Karya Gedung sebesar Rp3,5 triliun dan PT Wijaya Karya Realty Rp4,5 triliun-Rp5 triliun. ‘’Prospek anak usaha kami menarik di masa depan,’’ katanya.

Sebelumnya, IPO itu diperkirakan dapat menghasilkan dana masing-masing sekitar Rp1,5 triliun untuk Wika Realty dan Wika Gedung. Lebih jauh, Bintang mengatakan pihaknya telah membentuk tim khusus untuk mengurus IPO tersebut. Pada saat ini, proses IPO itu tengah diurus oleh konsultan dan diharapkan dapat terealisasi pada semester I/2017. ‘’Kalaupun mundur, mungkin pada semester II/2017,’’ kata Bintang.

Menurutnya, aksi korporasi penjualan saham kepada investor di Bursa Efek Indonesia itu akan dilakukan pada saat pasar saham dianggap sedang bagus. Dikatakan, dana hasil IPO akan digunakan oleh Wika Gedung dan Wika Realty untuk pengembangan usaha, bukan untuk membayar utang.

Salah satu contohnya, Bintang mengatakan Wika Realty bakal menggarap sejumlah proyek properti seperti kawasan serba guna di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta serta di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Berdasarkan laporan keuangan Wijaya Karya per September 2016, saham mayoritas dengan porsi 99% Wika Gedung dimiliki oleh Wijaya Karya dan sisanya sekitar 1% dimiliki oleh Koperasi Karyawan Wijaya Karya.

Aset Wika Gedung mencapai Rp1,9 triliun per kuartal III/2016 atau meningkat dibandingkan dengan Rp1,35 triliun pada 30 Desember 2016. Sementara itu, berdasarkan laporan keuangan yang sama, Wijjaya Karya memiliki saham di Wika Realty dengan porsi 85,26% dan sisanya dimiliki Koperasi Karya Mitra Satya sebesar 13,90% dan Yayasan WIKA sebesar 0,84%

Wika Realty merupakan perusahaan yang bergerak secara khusus di bidang properti dengan produk berupa apartemen serta rumah tapak dimana sebagian besar menggunakan merek Tamansari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY